Sabtu, 08 November 2014

#SuperAdventurer 2 : Never Tua di Maratua

 
Maratua Island (Derawan Islands), East Borneo, Indonesia


Cieeeeee.... saat lagi baca postingan ini, kamu lagi umur berapa nih, gaes? Apah? Udah ditagih-tagihin bonyok buat married? Tua dong? Atau, hmmm.... kamu malah lagi di masa-masa keemasan jadi bronis alias brondong manis? Masih muda belia? Asoy and enjoy! Tapi mau kamu tua ataupun muda, keputusan kalian buat baca tulisan gue ini sangatlah tepat, gaes! Yup, karena sekarang ini gue mau bagi-bagi tips buat kamu yang kebetulan ada planning liburan ke Derawan dan mau ngerasa nggak pernah tua di Maratua. Mau kan muda terus? Karena usia emang boleh terus bertambah seiring berjalannya waktu, tapi semangat dan jiwa? harus tetep muda dong! Ya udah deh, biar kamu juga nggak keburu tua ngebacain intro tulisan gue ini, yuk langsung aja kita curi resep anti tua di Maratua! Sikat bang! 


Lanjutan dari postingan Derawan gue kemaren, nah... sekarang gue mau nyeritain petualangan gue ke salah satu pulau hits, Maratua Island, di Kepulauan Derawan. Maratua itu pulau yang paling gede, tapi emang nggak serame Derawan. Karena buat apa gede-gede tapi nggak tahan lama. Iya nggak? *abaikan* Untuk ke sini itu gampang bener, tinggal naik speedboat aja dan terombang-ambing di tengah lautan selama kurang lebih satu jam, sampe deh! Gampang kan? Masa ngedeketin pacar orang aja berani, eh beginian aja malah cemen? Nah, sesampenya kamu di Maratua, baru deh kita laksanain tiga kegiatan hits yang bikin kamu anti-jompo. Apaan aja tuh? Penasaran? Cus!

1. Selfie sampe mampus
Anak 2014 mah nggak mungkin nggak selfie kalo jalan-jalan. Makanya kalo kamu penggila selfie, silahkan ber-selfie sampe mampus di Maratua Paradise Resort. Maratua Paradise Resort itu resort eksklusif yang udah menjadi semacam trademark-nya Maratua gitu. Semua yang ke Maratua pasti dibawa ke sini buat selfie-selfie-an. Yang bikin kece? Kayu-kayu resort-nya yang dicat merah jadi keliatan kontras sama airnya yang berwarna ijo toska. Toska beneran toska bro! Mantep! Sayang pas gue ke sana lagi mendung, jadi birunya langit malah ngumpet :"( Gapapa deh, asal bukan kamu aja ya yang ngumpet dari hidup aku :")



Kalo kamu mau nginep di sini tentunya juga bisa gaes, tapi ya resikonya... kalo udah di sini ya nggak bisa jalan-jalan kemana-mana lagi. Secara nggak ada 'kehidupan' alias penduduk lokal yang deket-deket amat sama resort ini. Jadi sepi kosong gitu, kayak waktu kita putus. Hidup hampa beneeeerrrr :"( Makanya nih resort pasnya tuh yah buat couple-couple yang mau enjoy quality time berdua. Yang maunya ngeliat muka pasangannya mulu sampe mampus. *brb buka foto kamu* :")


Satu yang bikin sebel saat gue ke sini: di saat gue lagi aus banget karena kebanyakan mikirin kamu, eh masa pas mau beli minuman di restorannya malah nggak boleh dong! Katanya restorannya cuma khusus tamu hotel aja. Zzzzzzz. Segitunya ya. Belakangan baru gue tau kalo resort ini ternyata kepunyaan si negara tetangga itu. Beuh... capedeeee. Bikin berasa jadi tamu di negara sendiri, gaes! Nggak asyik! :"(



Bosen di Maratua Paradise Resort, kamu bisa pindah lokasi selfie ke pulau kecil deket Maratua, Nabucco Island yang juga memiliki resort eksklusif bernama Nabucco Island Resort. Sama kayak Maratua Paradise Resort, resort ini juga pasnya buat couple karena letaknya terpencil bingit! Apalagi kalo couple-nya sama-sama suka diving. Wuih, klop sudah. Secara Maratua itu kan emang terkenal dengan berbagai spot diving-nya. Nabucco Island Resort ini juga kepunyaan asing, yaitu Jerman. Duh, sayang banget ya. Yang kece-kece di negeri kita malah dikelola sama orang asing :"( Sama kayak yang kece-kece tapi sukanya selingkuh. Big turn off! Makanya dalam hidup emang kita mesti pinter bedain gaes. Mana yang butuh hati kita beneran, dan mana yang cuma butuh tubuh kita doang. Jangan mau dibego-begoin. Gitu.... 



View di Nabucco sendiri juga nggak bisa dilawan. Bagus banget! Sepanjang mata memandang yang ada hanyalah garis perbatasan langit, pasir, dan laut yang biru. Tapi jangan salah, aslinya PANAS BANGET GAESS!!! Sepanas kamu yang nggak pernah dianggep dan nggak pernah dikenalin sama temen-temen pacar. Jleb! :")



2. Ngedate Sama penyu
Kalo nggak mau diselingkuhin ya jangan pernah selingkuh. Buat yang pernah diselingkuhin pasti tau kan gimana rasanya? Nah, kalo kamu udah ada niat selingkuh buat ngedate sama orang lain, mending dibatalin aja deh niatnya. Cus diganti dengan ngedate sama penyu di salah satu spot di deket maratua. Yup, spotnya itu di deket Desa Payung-Payung. Nah kalo di sini silahkan deh kamu ngedate sepuas kamu sama penyu-penyu. Ada banyak gitu kayak lima atau enem berenang di kedalaman. Makanya kalo bisa sih pas di sininya kamu bisa berenang dan nggak pake pelampung. Biar makin puas masuk ke yang dalam-dalam. Kalo belum puas gimana? ya masukin lebih dalam lagi. Eh-eh-eh, ini ngomongin laut loh ya. Bhay. 


3. Lompatan Maut
Yang terakhir ini nih yang paling anti-mainstream, karena nggak semua yang ke Maratua akan ke sini, tapi menurut gue this is the MUST SEE place! Emang kemana sih? Yoa, gue akan akan ajak kalian ke gua lucu dimana kamu bisa ngelakuin lompatan maut! Hohoho. Mau kan?! Punya nyali kan?! Hidup cuma sekali bro! Harus mau! *narik mantan kamu yang suka ngegodain* *dorongin* Yup, namanya Gua Haji Mangku, karena katanya ditemukan oleh si Haji Mangku. Gua ini salah satu gua yang paling beken dari 20-an gua yang ada di Maratua. Kenapa bisa paling beken? Emang yang lain kurang apa kalo dibandingin sama dia? Apaaaaaaaaaaahhh? 



Untuk ke sini kamu harus jeli melihat tanda kain putih yang terikat di pohon sebagai penanda lokasi. Makanya nggak akan ketemu kalo kamu ke sininya bukan sama orang yang expert soal per-Derawan-an. Abis naik tangga seadanya, kita tinggal trekking ringan bentaran deh sekitar 5 menitan menuju tekape. Dan hasilnya apaaahhh sodara-sodaraaaaaaaaa???



AUUWWWW!! BEST!!! airnya biru kayak kristal gitu menyala terang dan menyatu dengan dedaunan kering yang jatuh. Sumpeh, nggak kayak orang-orang yang di foto cakep tapi aslinya jelek, gua haji mangku ini malah kebalikannya. Di foto cakep, aslinya malah lebih cakep lagi! Bikin nggak sabar buat nyebur ke airnya yang dingin! Brrrrrrrrr. Di sinilah kamu bisa ciaaaatttt! Lompatan mauuuuttt, broooo! Nyebur lompat dari atas! Beraniiii?

Prosesi Om Tekno Bolang ngelakuin lompatan maut! Dengan gopro tentunya! X))

Tapi kalo kamu nggak mau lompat juga bisa. Tinggal jalan turun dikit aja dan nyebur perlahan dari mulut gua. Eh iya, baydewei, kalo kamu nggak punya nyali, jangan pernah sekali-kali saat snorkeling liat ke bawahnya. Karena apa? Di bawahnya itu serem banget! Di bawahnya itu beneran kayak di filem-filem, ada jurang-jurang dalam yang menyempit gitu. Wuiihh... otak gue langsung ngebayangin aja ada monster yang keluar dari kedalaman itu dan narik kaki gue. Hih. amit-amit! Kalo kamu yang tarik sih gapapa. Apalagi tariknya ke tempat yaang.... ah, sudahlah :")



Setelah ngelakuin tiga hal di atas, baru deh kamu udah sah ke Maratua. Gimana, gaes? Bikin kamu berasa muda kan? Seru kan? Mau nyobain juga? Abis kecapean berenang-renang cantik, baru deh gue dan rombongan balik ke Pulau Derawan. Puluhan ikan terbang dan lumba-lumba yang mengantar kepulangan gue sore itu. Sweet kan? Bangetttt! Di Maratua inilah gue juga makin akrab sama local guide yang nganterin gue kemana-mana, Bang Pitang. Bang Pitang yang sering godain gue. Bang Pitang yang sering ngecengin gue. Bang Pitang yang senyum terus setiap ngeliat muka gue. *Uhuk* Kamu jangan cemburu ya. Yakeles! Penasaran kan kayak apa mukanya? Cekidot!


Benjur, I miss youuuu! *Preeeetttttt*

"Ben, arah balik ke Pulau Derawan kemana nih! Saya nggak tau!"
"Ben, gara-gara liat mukamu nih lumba-lumbanya jadi kabur!"
"Ben, pasti belum punya pacar ya!"
"Ben, filipina dimana!"
"Ben! Ayo lompat kalo berani!"
.....
Ben! Ben! Ben! 

Gitu aja terus sampe gue sampe kiamat, tapi lucu, seru, dan bahagia bercampur jadi satu. I Feel young! Eh, tapi kan emang gue masih mudah belia sih. Hehehe. So, kamu mau juga ketemu Bang Pitang-Bang Pitang yang lain? Jangan-jangan kamu akan ketemu sama jodoh kamu di Maratua? Udah siap never tua di Maratua, gaeeeesssssss?


Info:
Maratua Paradise Resort
Telp: +628215757169229 / +6285246585368

Nabucco Island Resort
www.nabuccoislandresort.com
Telp: +62 -(0)542 593 635

Shortips:
1. Saat naik speedboat, pilihlah tempat duduk yang di belakang karena posisi kaki akan lebih lega dan bisa selonjoran. Jangan kayak gue yang duduk di depan, beuh... kepentok sana-sini! Apalagi kalo ternyata tinggi kamu itu setinggi gengsi mantan ngajak balikan. Bhay.
2. Harga menginap di Maratua Paradise Resort (Oktober 2014): Kalo di water villa itu 770.000 perorang dan kalo di pantai itu 600.000 perorang (udah termasuk makan 3x sehari)
3. Perjalanan dari Maratua Paradise Resort ke spot nyelam sama penyu itu paling cuma 5 menitan. Deket banget!
4. Untuk selfie-selfiean di Maratua Paradise Resort & Nabucco Island Resort itu bayar loh gaes, sekitaran 50.000. Kecuali kamu udah ikut tur yang termasuk di dalamnya ke sana. Gituuu....



PS: This trip supported by Djarum Super

5 komentar:

  1. gila itu gua keren banget!!! I bet you didn't jump in!!! YAH KAN?!!!!! pasti gak renang-renang disana?!! YAH KAN?!!!! hahaha klo gw ke sana gw dah menyatu dengan tuh goa kali yah.. LOL ^^
    tempatnya bagus banget ben!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lompat banget kaleeeeeeeeeeeeee hahahaha

      Hapus
  2. baca cerita kamu jadi semakin pengen ke sana untuk pertengahan desember, semoga cuti aku di acc, last minutes pun acc nya muncul aku bakal berangkat.

    BalasHapus
  3. Gak main Ke gusung island ya bg Benj. sebelum trip ke Maratua?

    BalasHapus