Minggu, 24 Agustus 2014

Master Krenyes

Killiney Kopitiam, Singapore

Hello gaes! Piye kabare? Lagi kelaperan nggak? sama. Saat ngetik ini, gue lagi nungguin emak gue bikin tempe orek loh *penting*. Fyi ajah, tempe orek buatan emak gue adalah orek terenak sedunia. Tapi tenang, kali ini gue nggak mau buat kalian ngiler ngebayangin orek emak gue. Ngebayangin yang laen aja yuk. Yang laen? Apaan tuh? Hmmm.... Hush! Kok malah ngebayangin mantan sik! Kayak nggak ada orang laen aja. Hih. Yang laen itu maksudnya yang krenyes-krenyes gitu. Kan emang paling enak stalking-in temlen kecengan sambil ngunyah yang krenyes-krenyes. Iya nggak? Meskipun hati sih udah krenyes-krenyes sendiri ye begitu liat mention-mentionan mesra doi ke yang lain. Hihi... so? Mau juga dikrenyes-krenyesin kayak gue dikrenyes-krenyesin di Singapore? Emang siapa sik yang bisa krenyesin kamu? Friend with benefit kamu? Eaaaaaaakkk.... Eaaaakkkkk... Eaaaaakkkk... *keselek orek*

Menurut sumber yang nggak bisa dipercaya, konon katanya cara paling the best buat traveling itu adalah dengan act like a local di negara yang kamu datengin. Iya, biar traveling kamu agak berkesan dikit dan nggak gitu-gitu mulu kayak botol yakult. So, karena teringat petuah itulah gue menyamar jadi local people ketika liburan di negeri singa demi ketemu si masternya krenyes-krenyes. Benjur? Menyamar? emang bisa? Tenang, muka ane itu aslinya nggak beda jauh sama Jason Godfrey *ngarep*, jadi yah... ck! Gampang dong. Yang susah mah bikin kamu peka sama kode-kode dari aku. Ho oh. Kayak rambut Bu Kartini aja ye pake-pake kode :") 

Lokasi target penyamaran gue hari itu: Killiney Kopitiam. Kenapa Killiney? Karena nih tempat hits banget buat breakfast bagi kalangan local people Singapore. Ih, pasti lo, lo, dan lo ngerasa gue basi banget ya ke SG cuma buat cobain Killiney. Secara di Singapore dan Indo sendiri juga udah banyak cabangnya bertebaran dimana-mana. Euuw! Tapi kamu jangan nyinyir dulu, Killiney yang mau gue cobain itu bukan Killiney biasa. Gue mau cobain yang di pusatnya alias tempat pertamanya berdiri pada tahun 1919 silam di Killiney Road. Terus piye? Apa sik yang bikin beda Killiney di Killiney Road dengan Killiney di tempat lain? Apa kite beneran bisa nyes-nyes di sini? Sabar, kita bahasnya pelan-pelan aja ya. Biar nggak sakit :")

"Aduuuh, kenapa sih nggak di Ya Kun aja? Atau yang lain gitu?" Si ehem-ehem ngeluh pas kita start jalan jam 9 pagi menuju lokasi target.
"Enakan killiney kok, percaya deh sama aku."
Hiiiy! Matanya malah berubah sinis gitu. Serem bok. "Secara selera kamu kan biasanya harus diragukan," lanjutnya.
"Maksud nganaaaaa?" Gue nggak terima. Huh. Kamu mah jangan bikin emosi gitu dong. Bikin enak aja bisa nggak. 


Start: Orchard Road. Go to Killiney Road, Yeay!

Nggak butuh lama dari Station Orchard, kaki gue dan ehem-ehem pun keluar dari station MRT Somerset. Pegangan tangan nggak? Ya kagaklah. Secara gue baik hati dan nggak mau jomblo-jomblo di luar sana sakit ati kalo ngeliat gue... So cukuplah kemesraan ini hanya dinikmati gue dan doi :") Pokoknya setelah keluar MRT, udah deket dah. Nggak pake nyasar, kami pun tiba di Killiney Road yang diomong-omongin itu. Masih nggak pake pegangan tangan ye. Kamu jangan curigaan gitu kali. Nyantai aja dong. Huh.


Meski udah diusahain nggak dateng di jam-jam primetime orang makan dan hari Senin pula, ternyata tetep aja loh rame. Tempatnya juga sederhana, nggak gede-gede amat, dan semua meja full terisi. Gue? ya nasib deh nunggu berdiri. Celingak-celinguk mengintai meja mana yang siap ditinggal penunggunya. Yakale udah sampe sini nggak jadi makan. Lalu gue ngeliat mata si ehem-ehem. Tatapan cintanya udah bermetamorfosis jadi tatapan bete. Waduh gawat, secara doi emang nggak suka kalo makan pake ngantri. Sama, gue juga sih, tapi kalo antriannya masih wajar, ya why not. Untungnya nggak lama kemudian gue dapet meja dan tangga, jadi bisa terbebas dari perang dunia sama doi. Loh? Tangga? Buat apaan? Yaelah pake nanya lagi. Ya buat bantu nurunin gengsi kamu yang ketinggian keleus :")



Setelah liat-liat menu yang tergantung di dinding, menentukan pilihan, gue pun maju ke bagian "order" buat ngorder. Tentu kite pesen french kaya toast yang terkenal sejagat raya sebagai Master Krenyes. Apa rasanya asli bikin nyes? Apa rasanya sama kayak yang di Indo? Apakah pilihan gue tepat? Hmmm... Tapi tepat atau nggaknya sih urusan belakangan. Pokoknya kalo kamu udah punya pilihan, ya berjuang. Jangan diem-diem aja. Apalagi cuma mencintainya diem-diem tanpa usaha. Duh.



Nggak pake lama, pesanan pun tiba. Satu... dua... tiga... Hap! Begitu potongan roti kaya itu masuk ke mulut gue.... HOLYSHIT! KRENYES GAES! Beneran master krenyes banget, nggak pake hoax! Hap! Hap! Hap! Bikin kamu mau hap! Hap! Hap! Apalagi kalo kamu makannya sama orang yang bikin hati kamu nyes, dijamin makin hap! Hap! hap! Bikin kamu pasti lupa maenin hape dan maunya hap! Hap! Hap! mulu. Apa? udah ke sini sama pacar tapi masih aja kerjanya maenin gadget? Chatting sama siapa sik?! Selingkuhan? Heh? Malah ngecek path? Hih! Hormatin dikit waktu orang keleus. Path bisa menanti, moment-nya kita bersama orang itu yang nggak. Foto-foto aja yang boleh biar heits :")



Cieeeee... tatapan bete si ehem-ehem udah bermetamorfosis lagi tuh ke tatapan cinta. Pasti gara-gara saking keenakan doi makan. Uhuk. "Gimana rasanya? Enak beneran kan?" sindir gue ke doi. Emang nih anak mesti dikasih kenyang dulu baru moodnya bagus dan mau manja-manjain gue.

"Hmmm... Biasa aja tuh," jawabnya. Gengsi kali ye ngomong yes. Ya udah gue biarin aja. Gue cuma cengar-cengir aja sambil ber-hap! hap! Hap! Abis enak banget siiiik! Rasanya beda kayak di Indo. Top! Tekstur rotinya gurih, olesan srikaya manis di dalemnya lembut dan super tasty. Apalagi ketika lo paduin dengan meneguk kopinya yang tertuang dalam gelas mini itu. Jadinya ya kayak kamu dan aku gitu... perfecto! :") Kopinya dikit pait, tapi paitnya masih masuk logika alias enak dan nagih. Senagih kamu dicium kecengan. Nagih banget kan? Pengen cium balik kan? :")



Perut kenyang, hati pun riang. Gue dan ehem-ehem duduk terdiam ngeliat keramaian orang-orang makan sambil ngobrol. Satu persatu orang mulai silih berganti. Jadi ini loh yang bikin beda banget Killiney di Killiney Road dengan Killiney yang lain. View-nya bok, beneran banyakan local people. Yum yum! Secara lokasinya juga bukan lokasi turistik sih, jadi ya wajar deh... Hari itu cuma ada sepasang turis yang gue liat dateng. Selebihnya? Ada anak-anak muda abis olahraga, sekumpulan keluarga yang bercanda, dan sepasang remaja yang lagi jatuh cinta (baca: gue dan ehem-ehem). Eaaaaaaakkkk..... Mateeeeeeeekkk....



Setelah capek bengong-bengong nggak jelas, akhirnya gue pun jalan balik menuju MRT sambil ngeliatin gedung-gedung tinggi di kawasan ini dari pinggiran. Suasana Singapore hari Senin pagi itu agak lenggang. Yes! Misi penyamaran demi bertemu si Master Krenyes sukses. 



Plak! kepala gue mendadak dikeplak ehem-ehem dari belakang. "Ngapain diem?" tanya doi. "Yuk jalan! Panaassss!"
"Lebih panasan liat kamu gandengan sama yang lain," bisik gue perlahan.
Plak! Kepala gue pun dikeplak lagi. 
"Pereeeesssssss!" lanjutnya.

Hahaha... Emang ada yang lebih membahagiakan dari menjadi alasan orang yang kamu sayang tersenyum? Yang lebih nyesekin sih banyak ya. Contohnya? Ya man... udah ah nggak usah bahas-bahas setan lagi di sini. Pamali! Kan putus dari pacar bukan berarti putus dari kebahagiaan. Iya toh?

Makasih Singapore. Hari itu gue belajar satu hal, ternyata bukan cuma gebetan aja loh yang bisa krenyes-krenyesin hati dan badan kamu, tapi juga kaya toast. Recommended banget gaes kalo kamu lagi mampir-mampir ke Singapore. Cus ketemu si Master Krenyes. Kapan lagi coba dikrenyes-krenyesin doi? keluar-keluar bahagia! 

Markipul!

Eh-eh-eh tunggu dulu? Tadi gue nulis apa? Gebetan krenyesin badan? 

Itu maksudnya begimane ya? 

Ah sudahlah....

Cau!

Alamat:
Killiney Road
67 Killiney Road, Singapore
Tel: 6734 9648 / 6734 3910
 

Jam Buka:
Mon, Wed to Sat - 6am to 11pm
Tues & PH - 6am to 6 pm
Sun - 6am to 6pm

Shortips:




1. Untuk ke Killiney yang "asli" di Killiney Road, gampang banget. Tinggal naek MRT, turun di station Somerset. Pilih exit di Exeter Road. Nah... sebenernya Killiney Road ada di sisi bagian kiri kamu. So begitu keluar station, nanti sebelah kiri kamu kayak ada lapangan terbuka gitu, pilih jalan aja ke arah sana. Jalan dikit lurus, ketemu persimpangan, Killiney Road itu di sebelah kanan kamu. Tinggal nyebrang deh, lalu keliatan Killiney Kopitiam-nya karena di pinggir jalan. Cus!
2. Harga di sini masih masuk di dompet alias nggak bikin hati menjerit... jadi tenang aja. Bisa ala-ala sok kaya di sini :")
3. Cobain si Master Krenyes-nya aliaskaya toast-nya yak! karena emang itu menu andalannya. Sama siapa cobainnya? terserah kamu keleus. Asal jangan sama pacar orang. Berduaan pula. Okeh?

4 komentar:

  1. ceritain tentang kaya toast aja ampe panjang begini. lol

    si ehem2 kalo baca dr blog2 sebelumnya kayaknya gampang ngambek ya? *kepo*

    BalasHapus
  2. emangnya turis local klo makan di foto-foto dulu yah ben? wakakakakak

    si ehem-ehem gimana kabarnya sekarang? #makinKepo biar krenyes krenyes

    BalasHapus
  3. bu KArtini pake konde bukan kodeee..
    #dibahas

    BalasHapus